Senin, 10 Maret 2008

LLA GURILA V PLASMA 1 Th. 2008

Sebelumnya penulis mohon maaf apabila dalam penulisan ini menyinggung hati pembaca.
Trenggalek, 01 Maret 2008
Langit mendung sejak pagi, akan tetapi aktivitas di Balai Desa Prambon Kec. Tugu Kab. Trenggalek terlihat agak ramai dari biasanya. Banyak warga bertanya ;
Ada kegiatan apakah di balai desa, kok banyak anak berkaos biru-biru berkumpul di Balai Desa?
Selidik, ternyata ada kegiatan Lomba Lintas Alam Gurila V Plasma SMAN 1 Trenggalek.
Dari pagi mereka mulai mempersiapkan segala sesuatu untuk kegiatan tersebut.
Dalam kegiatan tersebut, mereka melibatkan banyak instansi maupun organisasi kepemudaan lainnya seperti, kepolisian, aparat desa, SAR, Komunitas Pemuda Trenggalek dan masih banyak lagi.

Karena kurangnya persiapan, serta miskomunikasi dalam kepanitiaan maka acara tersebut bagi penulis dianggap gagal total. Kenapa demikian?

Pertama, masalah perijinan. Ternyata sampai H-2 perijinan belum selesai, padahal perijinan ini adalah hal yang paling vital dalam semua kegiatan. Sangat disayangkan apabila sampai hari H perijinan belum selesai. Tp, Alhamdulillah Plasma sudah memenuhi semua perijinan pada H-1.
Kedua, masalah kepanitiaan. Disinilah letak kelamahan kegiatan tersebut yang saya anggap gagal. Kurangnya koordinasi antar panitia terlihat sangat jelas. Dibawanya masalah pribadi, serta keinginan - keinginan pribadi dalam kegiatan tersebutlah yang membuat panitia jadi kacau balau. Contoh, disatu sisi panitia bekerja keras untuk mensukseskan kegiatan tersebut, disisi lain panitia ada yang enak-enakan. Maaf, sebagai contoh ngenakne lek PACARAN. ini yang sangat disayangkan.

Ketiga, masalah route. Dalam pembuatan route, ternyata terjadi beberapa perubahan yang mengakibatkan pembuatan route tidak selesai-selesai. Pembuatan tanda jalan yang sangat rawan dirubah oleh peserta yang usil. Hal ini mengakibatkan banyak peserta yang ngompas alias Nyasar. Selain itu, titik-titik rawan tidak dijaga oleh panitia. Umumnya mereka menggerombol pada satu pos.
Keempat, ini mohon maaf sekali bagi rekan-rekan plasma! Ini ada titipan dari temen-temen yang kemarin ikut bantu jadi panitia, baik dari SAR maupun dari KOMPAG. Temen-temen yang bantu kegiatan tersebut merasa sangat kecewa dengan panitia dari Plasma. Sekali lagi mohon maaf, mereka merasa diacuhkan al. gak digape hanya beberapa rekan saja yang mau al. nyambung saat diajak sharing tentang kegiatan ini. Banyak dari rekan Plasma yang ditanya malah melempar pertanyaan kepada orang lain. Keadaan ini berlanjut sampai kegiatan dimulai.

Terakhir, nuwun sewu ini sedikit saran dari temen2. Kalau ngadain keg. seperti itu lagi!
1. Selesaikan Perijinan minimal 3 bulan sebelum kegiatan.
2. Ijin meliputi, muspida wilayah yang digunakan untuk kegiatan, Polres serta Polsek terdekat ,
Kodim & Koramil terdekat (daerah yang digunakan untuk kegiatan).
3. Masalah Administrasi maupun financial ini minimal 1 bulan sebelum kegiatan harus selesai.
4. Route, minimal satu minggu sebelum kegiatan juga sudah harus beres.

Mungkin itu sedikit gambaran yang bisa kami sampaikan untuk kegiatan selanjutnya.
SALAM RIMBA,
PLASMA 1 JAYA SELALU


Tidak ada komentar: